Terus Melaju untuk Indonesia Maju bersama Universitas Airlangga

AAC News – Pada tanggal 17 Agustus 2023 Tim AAC menghadiri Upacara dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia menggunakan Pakaian Adat Tradisional.

Sejak Proklamasi Kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945, Republik Indonesia telah mengalami perjalanan yang panjang dan berliku untuk meraih kemajuan dalam berbagai bidang. Tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” sangat relevan dengan peringatan Dies Natalis ke-69 Universitas Airlangga (UNAIR), yang mencerminkan semangat dan tekad bangsa Indonesia untuk terus bergerak maju dalam upaya meningkatkan kualitas dan prestasi.

Perjalanan Republik Indonesia menuju kemajuan tidak lepas dari peran Universitas Airlangga sebagai salah satu institusi pendidikan unggulan di tanah air. Sejak berdiri pada tahun 1954, UNAIR telah berkontribusi dalam mencetak generasi penerus yang memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk memajukan Indonesia. Melalui berbagai program akademik dan penelitian, UNAIR telah memberikan kontribusi nyata dalam berbagai sektor pembangunan.

Konsep “Indonesia Maju” mencakup aspek ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Indonesia harus mampu menciptakan peluang dan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Dalam hal ini, universitas memiliki peran penting dalam menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan global dan mampu berinovasi. UNAIR sebagai salah satu pusat pengetahuan dan riset harus terus mendorong penelitian-penelitian yang dapat memberikan solusi nyata untuk pembangunan berkelanjutan.

 

Selain itu, pembangunan sosial juga krusial dalam mewujudkan Indonesia Maju. Pendidikan yang berkualitas harus dapat diakses oleh seluruh lapisan masyarakat. UNAIR, melalui program-program pengabdian masyarakatnya, dapat berperan dalam meningkatkan literasi dan kesejahteraan masyarakat sekitar. Kolaborasi antara universitas dan pemerintah daerah serta lembaga non-pemerintah menjadi kunci dalam menciptakan dampak sosial yang positif.

 

Dalam aspek budaya, Indonesia sebagai negara dengan keanekaragaman budaya dan etnis harus terus memelihara dan mempromosikan warisan budaya yang kaya. UNAIR dapat berperan dalam melestarikan budaya melalui berbagai kegiatan seni, budaya, dan bahasa. Hal ini akan berdampak pada pemahaman yang lebih baik tentang identitas nasional dan toleransi antarbudaya.

 

Tidak kalah penting, perjalanan menuju Indonesia Maju juga membutuhkan kualitas kepemimpinan yang unggul. UNAIR dapat berkontribusi dengan menghasilkan lulusan yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademik, tetapi juga memiliki integritas dan semangat kepemimpinan yang kuat. Dengan demikian, mereka dapat menjadi motor penggerak perubahan positif dalam berbagai sektor.

 

Pada peringatan Dies Natalis ke-69 UNAIR, semangat “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” harus dihayati dan diimplementasikan oleh seluruh warga universitas serta seluruh lapisan masyarakat. Melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian, UNAIR dapat terus menjadi garda terdepan dalam mewujudkan cita-cita Indonesia sebagai negara yang maju dan bermartabat. Dengan kerja keras, kolaborasi, dan semangat kebangsaan, Indonesia akan terus melaju menuju masa depan yang lebih gemilang.

Leave a Comment