Mengukur Kesiapan Belajar Mahasiswa UNAIR: Menatap Prestasi Akademik yang Gemilang

AAC News – Airlangga Assessment Center (AAC) baru-baru ini menggelar asesmen besar yang menjadi sorotan para mahasiswa baru Universitas Airlangga. Para mahasiswa baru ini berasal dari berbagai jalur tes masuk, dan tes tersebut terdiri dari beberapa gelombang yang diadakan sesuai dengan jalur tes yang diikuti. Gelombang tes telah dilakukan untuk mahasiswa yang masuk melalui jalur alih jenis, Seleksi Nasional Bersama Perguruan Tinggi Negeri (SNBP), dan International Undergraduate Program (IUP). 

Proses pengerjaan tes berbasis CBT menggunakan HP peserta
Proses pengerjaan tes berbasis CBT menggunakan HP peserta

Menariknya, asesmen ini dilaksanakan dalam beberapa hari dan berbagai lokasi yang berbeda. Pada tanggal 4 April 2023, asesmen dilakukan di Gedung Kuliah Bersama (GKB) untuk mahasiswa alih jenis, diikuti oleh tes di Auditorium Ternate (ASEEC Tower) pada tanggal 10-13 Mei 2023 untuk mahasiswa SNBP, dan terakhir di Ruang Majapahit (ASEEC Tower) pada tanggal 17 Mei 2023 untuk mahasiswa IUP. 

asesmen kesiapan belajar mahasiswa Baru Universitas Airlangga
Pelaksanaan asesmen kesiapan belajar peserta gelombang SNBP

Selain itu, yang membuat asesmen ini unik adalah penggunaan Computer Based Test (CBT) yang memanfaatkan perangkat handphone masing-masing peserta. Dengan pendekatan inovatif ini, AAC berusaha memberikan pengalaman asesmen yang modern dan memudahkan peserta dalam mengikuti tes. Asesmen ini bertujuan mengukur kesiapan belajar mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliah di Universitas Airlangga.

Leave a Comment